Шаблоны LeoTheme для Joomla.
GavickPro Joomla шаблоны

E : soman@somanindonesia.co.id      T : 021- 422 5000

Membongkar Isi Kandungan Makanan Haji Rekomendasi Kemenkes

oleh : Sutar, S.Farm., Apt

Ibadah haji merupakan ibadah dalam rangka memenuhi rukun islam yang kelima, yang pada hakekatnya berupa ibadah fisik-spiritual yang terencana dan terprogram. Oleh karena itu, dalam melakukan ibadah haji, kita sebaiknya mempersiapkan segala sesuatu sedini mungkin, baik terkait fisik, mental, sosial sejak di Tanah Air, di perjalanan, ketika melaksanakan ibadah haji, hingga kembali ke kota asal.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun selaku pemerintah yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat Indonesia memiliki kewajiban memberikan saran tentang pola hidup yang baik, begitu juga dengan anjuran makanan untuk jemaah haji.

Seperti yang dilansir pada laman website Kemenkes, ada beberapa tips yang dianjurkan Kemenkes untuk jemaah haji Indonesia, di antaranya :
1.    “Sebelum meninggalkan Tanah Air, jemaah haji hendaknya memperhatikan asupan nutrisi dengan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.”

Hiromi Shinya dalam bukunya yang berjudul “Miracle Of Enzym” menyatakan bahwa yang paling bagus untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan kita dengan mengkonsumsi 80% buah-buahan dan 20% nasi, daging dan makanan lain. Buah dan sayur tersebut akan membantu menstabilkan pH tubuh yang asam, asamnya pH tubuh diakibatkan berbagai factor seperti stress, junk food, usia hingga dapat meningkatkan penyakit berbahaya seperti tumor hingga kanker

2.    “Menjaga agar menu makanan seimbang antara asupan protein dan karbohidrat.
Jangan khawatir bagi vegetarian karena karbohidrat & protein bukan berasal dari hewani saja bahkan beberapa buah dan sayur dapat dijadikan obat diet dengan kandungan karbohidrat serta proteinnya. Di antaranya buah yang mengandung karbohidrat adalah semangka, melon, kedelai, apel, nanas, pisang, mangga serta ubi. Sedangkan buah atau sayur yang mengandung protein antara lain : alpukat, kurma, pisang, kacang kedelai dan kacang tanah.

3.    “Minumlah air dan cairan yang matang dan bersih, kecuali air zam-zam yang memang sudah terjamin kesehatannya.
Sekitar 80% tubuh kita komposisinya air, sehingga kehilangan air dalam tubuh merupakan masalah yang serius, bahkan beberapa kasus dehidrasi pada bayi bisa berujung kematian. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa kandungan pada air zam-zam sangat luar biasa.

4.    “Minumlah teh herbal yang dibubuhi cengkeh, mint, rosemary, sereh, jahe, dan kamomila
Herbal merupakan suatu alat swamedikasi bagi masyarakat, artinya bisa menjadi salah satu alat untuk prevention penyakit tanpa membutuhkan resep dokter serta tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

Herbal yang baik adalah herbal yang sudah teruji, aman serta tidak mengandung bahan kimia sama sekali atau kita sendiri bisa membuat ramuan herbal yang berkhasiat seperti teh herbal yang dianjurkan kemenkes diatas. Cengkeh, mint, rosemary, sereh, jahe dan kamomila merupakan bahan herbal yang dapat mencegah infeksi atau meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan curcumin dalah jahe-jahean menjadi salah satu metabolit sekunder yang baik dalam mencegah infeksi.

5.    “Minumlah racikan teh dengan madu yang berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh
Madu adalah makanan yang mengandung aneka zat gizi seperti karbohidrat , protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen tumbuhan dan komponen aromatik. Bahkan dari hasil penelitian ahli Gizi dan pangan ,madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan mentega sekitar (82,3% lebih tinggi).

6.    “Konsumsi multivitamin, vitamin C dosis tinggi dengan Biofolvonoid, serta suplemen mineral dan selenium.”
Terakhir yang direkomendasikan oleh Kementrian Kesehatan adalah multivitamin, vitamin C serta suplemen mineral dan selenium. Selenium sendiri merupakan salah satu dari mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam jumlah kecil. Sama seperti vitamin dan mineral lainnya, selenium memainkan peranan penting dalam banyak fungsi organ tubuh. Kekurangan selenium dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti mudah lelah, gangguan kelenjar tiroid, masalah hati dan gangguan reproduksi. Kita dapat menemukan kebaikan selenium pada beberapa makanan seperti ikan salmon, kepiting, keju, daging sapi dan kedelai.

SoMan merupakan herbal yang berbentuk jamu dengan komposisi 39 macam buah, sayur dan rempah. Dari 39 macam komposisi di antaranya ada kacang kedelai, nanas, apel, pisang, kayu manis, ubi dan buah merah yang dapat memberikan efek terapeutik bagi tubuh.

Herbal Soman mengandung berbagai multivitamin serta asam amino, selain meningkatkan daya tahan tubuh SoMan pula dapat mengganti elektrolit yang hilang seperti kalsium, kalium, Natrium serta elektrolit lain. Konsumsi SoMan 5 tetes 3x sehari satu jam sebelum makan atau 10 tetes 3x sehari satu jam sebelum makan untuk membantu memulihkan penyakit. Soman sahabat jemaah haji masa kini (AF)
Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

  • Rate this item
    (1 Vote)
  • Read 788 times

Leave a comment

back to top