Шаблоны LeoTheme для Joomla.
GavickPro Joomla шаблоны

E : soman@somanindonesia.co.id      T : 021- 422 5000

Berapa Batas Konsumsi Garam Setiap Hari?

oleh : Ariana Dewi, S.Gz

Pameo “bagai sayur tanpa garam” nampaknya bukan hanya sekedar kiasan untuk mengekpresikan sesuatu tetapi juga berlaku dalam kehidupan nyata khususnya aktifitas di dapur. Menambahkan garam pada setiap kudapan memang membuat masakan menjadi lebih gurih dan nikmat, tetapi bagaimana jika dalam setiap masakan ada kandungan garamnya?

Penggunaan garam yang melebihi batas ketentuan akan menyebabkan risiko penyakit dikemudian hari. Batas konsumsi garam harian yang direkomendasikan adalah 2300 mg natrium per hari atau sama dengan 1 sendok makan. Untuk setiap 2300 mg natrium garam yang kita konsumsi , maka sekitar 40mg kalsium dikeluarkan melalui air kemih.

Garam merupakan hambatan besar pada pembentukan tulang kuat. Banyak penelitian telah menenmukan bahwa garam dapur dapat menyebabkan tulang kehilangan kalsium sehingga membuat tulang menjadi lemah bila berlangsung dalam waktu lama.

Mengurangi konsumsi garam dapat membantu mencegah penipisan tulang karena tingginya natrium di dalam tubuh mampu membuat tulang kehilangan kalsium di dalamnya. Maka hindarilah konsumsi garam terlalu banyak terutama makanan yang melewati proses pemasakan yang panjang.

Berikut beberapa jenis makanan tinggi garam yang sebaiknya anda hindari atau dibatasi konsumsinya ialah:
1.    Daging olahan seperti sosis, daging asap
2.    Makanan siap saji seperti pizza, burger, tauco, kentang goreng
3.    Makanan olahan seperti makanan beku, makanan kalengan, dan makanan yang dipanggang

Hindari juga konsumsi kopi berlebihan karena kafein mampu mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Serta alkohol yang dapat mempengaruhi kesehatan tulang.

Untuk membantu menjaga kekuatan tulang Anda, konsumsilah makanan rendah garam dan konsumsilah makanan segar (bukan makanan beku dan cepat saji). Bila perlu konsumsi Sozo Formula Manggata 1 (SoMan) yang mengandung multivitamin (A,C,E,K), kalsium, omega (3,6,9), mineral, EPA, DHA. SoMan adalah obat herbal yang telah teruji labolatorium dan uji klinik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu proses pemulihan kesehatan. Konsumsi Herbal SoMan secara rutin 10 tetes

3x sehari yakni 10 tetes dipagi hari, 10 tetes sebelum makan siang, dan 10 tetes sebelum tidur. (AF)


Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

  • Rate this item
    (1 Vote)
  • Read 437 times

Leave a comment

back to top