Диета дружбы
Новые шаблоны для джумла
021- 422 5000
23
Jun

Empat Keluhan Kesehatan yang Paling Banyak Diderita Pasca Lebaran

Rate this item
(1 Vote)

oleh : Putri Karimah, S.Farm., Apt

Tradisi mudik, kumpul keluarga, makan besar, hingga menghabiskan liburan bersama menjadi ritual yang tidak terlepaskan oleh masyarakat Indonesia. Namun, selain membawa uang Lebaran, para memudik yang pergi ke kampung halaman juga sering membawa beberapa keluhan kesehatan. Apa saja?

1.    Kelelahan
Pulang kampung menjadi salah satu kewajiban bagi orang rantau untuk balik ke kampung halamannya ketika Lebaran tiba. Berbagai cara ditempuh untuk bisa bersilatuhrami dengan keluarga besar. Moda transportasi darat, laut, udara, dipilih. Belasan hingga ratusan kilometer ditempuh, bahkan hingga menggunakan sepeda motor ataupun bajaj.

Alhasil, kelelahan adalah keluhan kesehatan yang paling banyak diderita oleh pemudik. Kelelahan disebabkan karena terkurasnya energi, kurang tidur, kurang asupan nutrisi baik. Hal itu ditandai dengan lemas, pucat, bahkan ada yang disertai dengan pusing, muntah, atau demam.

Jika kelelahan didiamkan maka akan berakibat ke penyakit yang lebih serius seperti flu atau infeksi saluran pernafasan atas. Untuk itu, jaga daya tahan tubuh selama mudik Lebaran. Anda bisa mengonsumsi SoMan 10 tetes 3x sehari sehingga stamina Anda tetap terjaga.

2.    Diare
Diare bisa diakibatkan karena kurangnya higienitas makanan atau minuman yang diasup selama perjalanan yang umumnya dibeli bukan dari tempat yang kebersihannya terjamin. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya Anda membawa bekal dari rumah, atau makan makanan di tempat yang jelas kebersihannya. Bawa obat untuk mencegah diare agar perjalanan Anda tidak terganggu.

3.    Kambuhnya penyakit kronik atau penyakit tidak menular
Makanan yang disajikan saat Lebaran yang tinggi lemak, pedas, minuman manis, bersoda dan asam, menjadi tantangan terberat bagi mereka pengidap penyakit kronik seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, asam urat, ginjal, dan masalah pencernaan.

Dokter Ari, Ketua Bidang Advokasi Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PBPAPDI), mengatakan, pada minggu pertama setelah lebaran, banyak pasien yang datang ke Unit Gawat Darurat rumah sakit mengeluhkan masalah diare serta kambuhnya penyakit kronis. Mulai dari hipertensi yang tidak terkontrol, stroke, penyakit jantung, serta gula yang tidak terkontrol.

Agar kesehatan Anda terkontrol, bila perlu konsumsi SoMan dengan dosis 10 tetes 3x sehari. SoMan efektif menurunkan kolesterol jahat, menurunkan gula darah yang tinggi, dan menstabilkan tekanan darah.

4.    Masalah kesehatan domestik
Di Hari Raya, banyak rumah yang mengalami masalah kebersihan karena tidak ada yang membantu membersihkan sampah yang menumpuk, sehingga mengundang tikus, lalat, nyamuk, dan hewan-hewan lain yang dapat memicu masalah kesehatan. Hewan-hewan tersebut menyebabkan penyakit infeksi pada usus hingga demam thyphoid, tikus bisa sebabkan penyakit demam kuning atau leprospirosis, dan nyamuk bisa sebabkan demam berdarah.

Makanan sisa Hari Raya biasanya disimpan untuk dimakan kembali di hari-hari berikut. Ada pula kecenderungan yang menyimpan makanan sisa dimeja, lemari atau tempat bersuhu ruangan dalam waktu lama. Dengan tujuan, memudahkan saat akan dikonsumsi, tidak perlu dipanaskan dulu. Kondisi itu bisa memicu masalah, apalagi jika makanan tersebut berdekatan dengan makanan mentah atau bakteri hidup yang bisa tertular pada makanan-makanan tadi.

Tidak ada alasan untuk tidak sehat. Untuk itu, tetap jaga pola makan yang sehat dan seimbang, hidup sehat yang tepat seperti olahraga dan minimalisir stres, serta selalu konsumsi SoMan setiap hari. Karena, momen Hari Raya sejatinya membawa keberkahan, bukan “kesakitan”. Selamat Idul Fitri (AF)


Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Read 273 times Last modified on Thursday, 22 June 2017 10:18

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes