Шаблоны LeoTheme для Joomla.
GavickPro Joomla шаблоны

E : soman@somanindonesia.co.id      T : 021- 422 5000

Tidak Mandi Sebabkan Mabuk Perjalanan?

oleh : Sutar, S.Farm., Apt

Melakukan perjalanan mudik dengan rute dan durasi yang panjang tentu menguras banyak tenaga. Berbagai keluhan kesehatan acapkali datang selama dalam perjalanan. Salah satu yang paling banyak dijumpai adalah mabuk perjalanan.

Pakar Kesehatan, dr. Sujana Chandrasekhar, mengatakan, mabuk perjalanan disebabkan karena kekeliruan tasfiran stimulus pada orak saat seseorang dalam berkendara sehingga memicu rasa mual.

Menurutnya, orang yang paling rentan menderita mabuk perjalanan adalah anak-anak di bawah usia 12 tahun, ibu hamil, serta mereka yang sering mengalami migrain. Untuk mencegah agar tidak mabuk perjalanan, ada baiknya kita melakukan persiapan sebagai berikut :

1.    Memperhatikan apa yang kita makan dan minum
Jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan dan yang membuat perut terasa penuh. Makanan yang memiliki bumbu kuat, berlemak, atau berbau menyengat sebaiknya kita hindari sebelum dan saat melakukan perjalanan.

Selain itu, hindari pula konsumsi minuman bersoda. Zat perasa yang kuat disertai dengan lemak akan membuat perut kekurangan oksigen sehingga otak memberikan sinyal mual, muntah atau pusing akibatnya terjadi mabuk perjalanan. Makanlah makanan segar, fresh dan beroksigen hal tersebut dapat Anda temukan pada buah jeruk, nanas, semangka dan anggur.

2.    Memilih posisi tempat duduk di kendaraan
Jika kita membawa mobil pribadi, kita bisa membuka jendela agar bisa selalu mendapatkan udara segar. Selain itu, cobalah untuk memilih posisi dibangku depan saja. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, jangan memilih posisi tempat duduk yang membelakangi laju kendaraan.

Selain itu, jangan terlalu sering membaca pesan pada ponsel atau membaca buku karena hal tersebut bisa menyebabkan pusing dan mual-mual.
Mendengarkan musik berlebihan dengan suara keras akan membuat telinga lelah, hal ini memicu terganggunya keseimbangan telinga akibatnya terjadi migrain.

3.    Hindari perut kosong
Bagi sebagian orang yang mabuk perjalanan bisa disebabkan karena kurangnya makanan dalam perut. Biasanya terjadi pada anak-anak yang tidak mau makan ketika memulai perjalanan. Rasa excited pada anak bahwa tahu akan melakukan perjalanan jauh membuat hipotalamus bagian otak tidak merasakan lapar hingga beberapa anak sukar sekali untuk mengisi perut sebelum berangkat.

Hal tersebut membuat udara luar gampang masuk dalam pori-pori kulit dan mengisi bagian pencernaan, kemudian terjadi perubahan suhu tubuh terutama bagain pundak akan terasa dingin biasanya keadaan seperti ini sudah positif akan mabuk. Untuk mencegahnya berikan sesuatu yang bisa merubah suhu tubuh baik secara topikal atau oral seperti balsam, wedang jahe hangat dan jeruk hangat.

4.    Hindari bersandar seminimal mungkin
Jalan yang rusak atau kendaraan yang digunakan sudah tua bisa membuat perjalanan Anda sedikit terganggu. Apalagi hingga terasa kursi yang kita tumpangi bergetar.

Jangan sandarkan punggung Anda pada kursi mobil karena getaran tersebut membuat lambung serta sistem pencernaan terus-terusan seakan bekerja, ketika tidak ada makanan masuk tapi getaran terus terjadi udara gampang terperangkap akibatnya beberapa orang akan sendawa ketika terasa mual.

Ketika Anda mengalami kondisi seperti ini cepat penuhi perut dengan makanan, selama 30 menit jangan biarkan perut kosong atau selama waktu tersebut teruslah Anda ngemil makanan ringan. Jangan lupa ajak ngobrol teman yang ada disamping Anda.

5.    Jangan lupa mandi
Melakukan mudik pagi buta memang menjadi hal tersulit untuk mandi. Jangan salah, kondisi tubuh sebelum berangkat akan menentukan “nasib” Anda selama perjalanan.

Biasanya orang yang tidak mandi sebelum berangkat mengalami kondisi tubuh yang tidak segar, pada beberapa orang kondisi ini menyebabkan mabuk tidak karuan. Terjadi beberapa hal yang berbeda ketika Anda mandi dan tidak mandi seperti keringat, suhu tubuh dan stimulus otak. Mandi secara tidak langsung membuat otak memberikan stimulus bugar, penuh oksigen serta suhu tubuh menjadi lebih dingin.

Perubahan suhu tubuh berpengaruh pula pada produksi keringat, biasanya orang tidak mandi berkeringat lebih cepat dengan begitu kondisi tubuh tidak nyaman apalagi jika ketiak Anda tidak dibersihkan hal ini semakin memperparah rasa tidak enak dan kemungkinan mabuk tak terlekan. (AF)


Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

  • Rate this item
    (1 Vote)
  • Read 554 times

Leave a comment

back to top